Artikel
PERESMIAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI DESA (SID) DUSUN PURWO BAKTI MENUJU GOOD VILLAGE GOVERNANCE
Dusun Purwo Bakti boleh berbangga dengan telah menerapkan Sistem Informasi Desa (SID). Hal ini dikarenakan Purwo Bakti merupakan satu satunya Dusun yang sudah menerapkan SID di Kecamatan Bathin III. Peresmiannya dilaksanakan pada hari ini (Jum'at, 20 November 2020) di Aula Kantor Rio Dusun Purwo Bakti dengan tema " SID Sebagai Salah Satu Upaya Inovasi Bidang Pemerintahan Menuju GOOD VILLAGE GOVERNANCE.
Sistem ini terbentuk dengan adanya layanan Kominfo berbasis Web Desa id. Operator Dusun akan menampilkan beberapa data dan informasi tentang Dusun yang dirangkum dalam satu format software dan web desa id untuk menunjang kemudahan akses masyarakat maupun Pemerintahan Dusun dalam pelayanan serta menyajikan informasi.
Hadir dalam acara tersebut Plt. Bupati Bungo yang diwakili oleh Asisten I Setda Bungo, Sekdis DPMD Bungo, Camat Bhatin III, KUA Bathin III, Lurah dan Rio diwilayah Bathin III, Ketua PPDI Kab. Bungo dan Kec. Bhatin III, Ketua BPD, Babinsa dan Tokoh Masyarakat Dusun Purwo Bakti.
Dalam sambutannya Datin Rio Purwo Bakti menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak pihak yang telah berpartisipasi dalam program SID, terutama Pemda Bungo, DPMD Bungo dan Camat Bathin III. Lebih khusus ucapan tersebut ditujukan kepada Acep Sopandi, Febrialdi dan Antoni yang telah membina dan membibing Tim SID dari awal sampai saat ini.
Sementara itu, Camat Bathin III sangat mengapresiasi terhadap inovasi oleh Dusun Purwo Bakti dan menjadi satu satunya Dusun yang telah menerapkan SID di Kecamatan Bathin III. Ini menjadi modal untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.
Peresmian tersebut dilakukan oleh Asisten I Setda Bungo. Sebelum meresmikan louncing SID, Asisten I menyampaikan bahwa Purwo Bakti bukan saja menjadi satu satunya Dusun yang menerapkan SID di Kecamatan Bathin III, tetapi juga merupakan satu satunya Dusun yang telah melakukan louncing SID di Kabupaten Bungo.
Acara tersebut digelar dengan standar Protokol Kesehatan Covid-19 dan ditutup dengan simulasi penggunaan SID dalam pelayanan surat. Cukup menakjubkan, proses pelayanan surat dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, dengan target One Minute One Service ( satu menit waktu pelayanan ). ( Ci*** )